Powered By Blogger

Kamis, 19 Februari 2015

Fasilitas-fasilitas pada Internet

  Fasilitas-fasilitas pada Internet  (Bab II)
Secara garis besar internet memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna, guna memenuhi kepentingannya. Di antara fasilitas tersebut adalah :
  •  World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) atau lebih dikenal dengan web, merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Kita dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web yang berupa teks, gambar, suara, film, maupun multimedia. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser (seperti; Internet Explorer, Opera, Mozilla firefox, Netscape Communicator, dll).
  •    Mailing List
Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan
e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat, dan lain
sebagainya dalam jarak jauh.
Mailing list adalah sistem yang mengirim pesan-pesan untuk kelompok orang, bisa berupa berita, artikel, catatan dan sebagainya. Seiring dengan terbentuknya berbagai kelompok, maka terdapat ribuan mailing list di seluruh dunia. Setiap mailing list memiliki seorang individu yang menjadi penanggung jawab.
Apabila seseorang ingin berlangganan sebuah mailing list, maka dia cukup menulis surat pada alamat mailing list tersebut. Kemudian moderator mailing list tersebut akan memutuskan apakah permohonannya akan diterima atau tidak  Bagi mailing list yang tidak memiliki moderator, kondisinya akan lebih terbuka. Anggota mailing list tersebut mengirim dan menerima pesan dari semua individu.
*      Electronic Mail (E-Mail)
Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat/berita dengan orang lain, tanpa mengenal batas, waktu, ruang bahkan birokrasi. E-Mail merupakan salah satu
contoh wahana pengakses informasi superhighway. E-Mail merupakan wahana
yang paling tua dan paling populer sebagai pengakses informasi.
E-Mail memungkinkan seorang individu mengirimkan pesannya langsung ke individu lain dalam waktu yang cepat  dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Tetapi tidak tertutup kemungkinan E-mail digunakan untuk berkomunikasi pada orang banyak, misalnya dengan mengirimkan pesan pada sebuah kelompok alamat dan kelompok alamat lain mengirimnya pada nomor-nomor E-mail lain yang termasuk dalam mailing listnya.
*      Telnet
Merupakan fasilitas untuk mengakses remote computer yang terletak di tempat lain. Dengan menggunakan fasilitas ini, pemakai jarak jauh dapat mengendalikan, menukar file antar pengguna komputer, dan menjalankan program yang ada di computer tersebut. Agar dapat mengakses telnet, pengguna komputer harus registrasi terlebih dahulu.
*      File Transfer Protokol (FTP)
Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.
Beberapa di internet telah tersedia file atau dokumen yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis (free).
. Proses mengirim file dari sebuah komputer ke komputer anda disebut dengan proses download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain disebut upload.
*      Gopher
Sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di computer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.
*       Chatting
Merupakan suatu fasilitas untuk berkomunikasi, dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.
*      Newsgroup
 
Fasilitas ini digunakan untuk berkonferensi jarak jauh, sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet.
*      Bulletin Board System (BBS)
Buletin Board System (BBS) adalah tempat menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topik yang sudah ditentukan. Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia. Setiap BBS memiliki seorang administrator untuk memanfaatkan BBS seorang individu bisa menghubunginya melalui telnet dan memilih dari sistem menu.
*      Usenet
Suatu sistem diskusi kelompok pada jaringan internet, dimana artikel-artikel atau makalahnya didistribusikan ke seluruh pemakai internet di seluruh dunia. Karena saking banyaknya peminat usenet ini, maka di internet dibagi-bagi sesuai dengan bidang permasalahan diskusinya.
*      Finger Service 

Merupakan fasilitas yang memberikan kesempatan kita untuk menanyakan informasi tentang seorang pemakai.
*      Remote Login
Fasilitas ini digunakan untuk menghubungi atau memasukkan salah satu server (pusat komputer) yang disambungkan ke jaringan internet. Untuk dapat melakukan hal ini kita harus tahu alamat servernya, punya username dan password, tetapi setiap server biasanya memberikan kesempatan kepada semua orang login dengan menggunakan account atau username Public agar dapat memasuki/login ke suatu server.
*      Anonymous FTP
Memberikan kesempatan kita untuk mentransfer atau mengirim file dari satu komputer ke komputer yang lain.
*      Archie Server
Merupakan katalog atau tempat mencari alamat-alamat tempat untuk Anonymous FTP.
*      Talk Facility
Untuk menghubungi pemakai lain dalam jaringan internet baik dalam sistem yang sama ataupun sistem yang berbeda. Selanjutnya kita dapat menerima dan mengirim pesan kepada pemakai yang kita hubungi.
*      Internet Relay Chat (IRC)
Mirip dengan fasilitas talk, tetapi melibatkan sekelompok orang, kita akan dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang.
*      Veronica dan Junghead
Fasilitas yang dapat menelusuri menu-menu gopher di seluruh dunia.
*      Wais Server (Wide Area Information Service)
Menyediakan cara untuk menemukan informasi yang tersebar dalam internet dengan cara menggunakan fasilitas database dan pencarian dilakukan dengan menggunakan kata kunci. Untuk melakukan proses pencarian ini kita harus menentukan dulu tempat atau alamat kita akan melakukan pencarian informasi.
*      Whois
Adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari user yang ada pada seistem komputer yang terhubung dengan jaringan internet.
*      Multiple User Dimention (MUD)
Program komputer yang menyediakan fasilitas untuk berinteraksi, berfantasi dan beraksi dengan user-user lain dimana masing-masing memainkan perannya.
*      Search Engine
Mirip dengan WAIS Server yaitu tempat untuk mencari informasi di internet menggunakan fasilitas database yang pencariannya juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci, namun kita tidak perlu menentukan tempat pencarian kita. Fasilitas ini berbasis WWW.
*      Online Game
Dapat menghubungkan beberapa user yang berada di lokasi yang berbeda untuk menjalankan program game secara bersamaan.
*      VOIP (Voice Over Internet Protokol)
Merupakan fasilitas yang mirip dengan fasilitas telepon namun menggunakan jalur internet sebagai pengantar data (voice).

A. Electronic Mail (E-mail)


Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Secara harfiah, email dapat didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. Dari pengertian email tersebut, jelas bahwa email mulai dari ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet, seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya sama.
Pengertian Email
Agar email bisa bekerja dibutuhkan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui internet. Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA (Mail User Agent) atau yang dikenal dengan email client.
  • Proses pengiriman email tersebut ditangani oleh MTA (Mail Transfer Agent) atau disebut pula dengan mail server.
Email juga membutuhkan alamat agar pesan bisa sampai ke tujuan. Contoh alamat email misalnya zakapedia@gmail.com. Alamat email tersebut terdiri dari dua komponen yakni identitas dan domain atau provider. Komponen identitas direpresentasikan oleh zakapedia, sedangkan komponen domain atau provider direpresentasikan oleh gmail.com. Keberadaan email memberikan terobosan baru dalam sistem komunikasi memiliki keunggulan sekaligus kelemahan. Keunggulan dari email dapat dijabarkan sebagai berikut:
  • Proses cepat mulai dari penulisan atau pengetikan email sampai dengan pengiriman email hanya membutuhkan beberapa menit.
  • Caranya mudah karena hanya cukup mengetikkan pesan yang ingin disampaikan dalam komputer.
  • Email dapat dikirim secara massa ke beberapa orang sekaligus.
  • Dapat mengirimkan file atau dokumen sebagai lampiran email.
  • Email dapat dibuat dimana dan kapan saja selama ada koneksi dengan internet baik menggunakan komputer maupun ponsel.
  • Ditinjau dari sisi biaya, email lebih ekonomis.
Sementara kelemahan dari email di antaranya adalah:
  • Harus selalu online atau terhubung ke internet untuk membuat dan mengirimkan email.
  • Harus selalu ingat username dan password account email.
  • Berpotensi untuk penyebaran virus dan spyware.
Untuk bisa mengirimkan dan menerima email, Anda harus memiliki sebuah account email terlebih dahulu. Account email ini nantinya sekaligus mencakup alamat emal yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pesan kepada orang lain secara elektronis. Sebelum Anda membuat account email, perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak provider yang menyediakan layanan email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail (Windows Live), dan lain sebagainya. 
C. Pengelolaan Email
1. Cara Membuat E-mail


cara membuat email yahoo
Di jaman teknologi informatika saat ini, email merupakan sebuah kebutuhan primer layaknya sebuah rumah (alamat rumah), sama halnya dengan nomor contact mobile (handphone) yang dulunya sebagai kebutuhan pelengkap, makin kesini nomor contact mobile sudah bisa dikatakan sebagai bagian dari identitas diri kita.

Begitu juga dengan alamat email, sejalan dengan semakin gemuruhnya perkembangan internet, email pun juga bergeser menjadi kebutuhan primer yang (harus) dimiliki setiap orang. Ada dua pilihan dalam membuat email, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis, dan pada umumnya kebanyakan orang menggunakan yang gratis karena menghemat biaya, mudah digunakan, dan banyak fungsi-fungi (fitur) tambahan yang dimilki oleh email gratisan. Contoh penyedia layanan email yang gratis adalah yahoo mail, gmail, hot mail, ovi mail dll. Disini kita akan membahas cara membuat email pada yahoo mail.

Cara membuat email pada yahoo mail sungguh sangat mudah dan cepat, sekalipun kamu baru tahu apa itu email (karena saking mudahnya). Berikut langkah-langkah cara membuat email dengan benar, perhatikan dengan seksama.

1. Daftar
Pertama-tama kita menuju yahoo.com, setelah itu klik 'Buat Account' (perhatikan gambar di bawah).
cara membuat email

2. lengkapi Data Diri
Isi dan lengkapi data diri (nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan negara asal), lalu buat password yang rumit (kombinasi huruf, angka dan simbol kalau bisa) dan mudah diingat. Setelah itu alternative email (garis kotak biru) itu boleh diisi boleh juga tidak.

Selanjutnya buatlah secret question (pertanyaan rahasia/kemanan) dan sekaligus juga jawabannya, hal ini berfungsi apabila kamu lupa password email kamu ini, maka pertanyaan ini akan membantu mengidentifikasikan bahwa kamu memang pemilik alamat email ini dan kamu pun tetap bisa masuk ke dalam akun alamat email yang kamu buat.

Kemudian tulis code sesuai gambar (lihat garis kotak hijau muda di bawah), jangan lupa perhatikan huruf besar dan huruf kecil.
cara membuat email
SARAN: Lebih baik catat password dan juga jawaban dari secret question ke dalam kertas lalu simpan baik-baik untuk jaga-jaga kalau kita lupa di kemudian hari (ingat! lupa itu sifat dasar dari manusia lho...)

Terakhir, cek sekali lagi data diri kita dan juga code pada gambar (garis kotak hijau muda). Apabila dirasa sudah lengkap dan benar klik 'Create My Account'.
 cara membuat email

Menurut pengalaman kesalahan biasanya terjadi pada penulisan code, jika salah maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah. Dan kita akan diminta kembali menuliskan code dengan benar.
cara membuat email

Namun apabila semua sudah benar, maka kita akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini. Halaman ini menunjukkan bahwa kita sudah berhasil membuat account email baru. Selanjutnya tinggal klik 'Continue/lanjutkan'.
cara membuat email

3. Selamat! kamu sudah memiliki account email baru
cara membuat email
 
 2. Mengecek Email / Membuka Email
       untuk mengecek atau membuka email, kita harus terlebih dahulu melakukan login yang berisi nama pengguna (pemilik email) dan juga kata sandi (password), dengan langkah sebagai berikut:
a. Masuk dihalaman situs internet misalkan http://mail.yahoo.com
b.Maka akan keluar menu seperti di bawah ini :
c. ketik Yahoo ID dan juga passwordnya.











3. Mengirim dan Membalas Email


  1. Ketikkan alamat www.yahoo.com pada address bar browser anda, klo di artikel ini saya menggunakan browser mozilla firefox, lihat gambar berikut :
    cara mengirim email di yahoo

  2. Klik Sign In, lihat gambar berikut : cara mengirim email di yahoo

  3. Masukkan alamat email anda misal namaemailanda@yahoo.com atau namaemailanda@yahoo.co.id pada kotak isian Yahoo Id dan masukkan Kata sandi (password) pada kotak isian Sandi atau Password.cara mengirim email di yahoo

  4. Lalu klik Tombol Masuk atau Login
  5. Setelah anda menekan tombol Masuk atau Login, maka akan muncul  sapaan hangat dari yahoo
    cara mengirim email di yahoo
    Lalu klik Mail terletak pada kolomsebelah kiri
    cara mengirim email di yahoo
  6. Maka akan terbuka kotak email anda seperti berikut :
    cara mengirim email di yahoo

    Untuk melihat Email yang masuk klik tombol Email masuk, tapi karena kita sekarang ingin menulis atau mengirim email maka klik tombol Tulis / Write Lalu pilih Email, maka akan muncul kolom isian untuk mengirim email seperti di bawah ini :
    cara mengirim email di yahoo

    Pada kolom Kepada, isi dengan alamat email tujuan
    Pada kolom Cc kosongkan saa
    Pada kolom Judul, Isi dengan Judul atau Topik Email yang akan dikirim
    Ketikkan isi email yang ingin anda kirim di kotak isian.
  7. Lalu Klik Kirim atau Send
  8. Jika pengiriman email sukses, maka akan tampil pemberitahuan sebagai berikut
    cara mengirim email di yahoo
  9. Setelah anda beres mengirim email, jangan lupa klik signout jika anda ingin keluar atau meninggalkan email anda. hal ini harus dibiasakan dan jangan sampe lupa, karena jika anda membuka email di warnet dan lupa klik signout maka khawatir email anda dibajak oleh orang yang jail.
    cara mengirim email di yahoo
    Letak tombol signout berada di pojok kanan atas.

 Cara Mengirim Email di Gmail

  1. Ketikkan alamat www.Gmail.com pada address bar browser anda, lihat gambar di atas pada langkah ke-1 dimana yahoo diganti dengan gmail
  2. Maka akan muncul tampilan berikut :
    Cara Mengirim Email di Gmail
    • Pada Kotak Nama Pengguna, Masukkan nama email anda misal : emailanda@gmail.com
    • Kotak Sandi diisi dengan kata sandi yang telah dibuat oleh anda ketika mendaftarkan email
    • Lalu klik tombol Masuk atau Sign In
  3. Maka akan muncul kotak dialog email di gmail seperti berikut :
    Cara mengirim email di gmail
    Lalu pilih tombol Compose mail, maka akan muncul kotak dialog email di gmail sebagai berikut
    Cara Mengirim Email di Gmail
    • Pada kotak isian To, isi dengan alamat email tujuan yang akan di kirim oleh kita
    • Subject : isi dengan judul email yang akan dikirim oleh kita
    • Silahkan Tulis isi email di kotak yang tersedia lihat gambar di atas yaitu pada poin 3 
    • Cara terakhir adalah tinggal klik tombol Send, boleh tombol send yang di bawah maupun yang di atas.
  4. Itulah cara mengirim email di gmail, mudah kan !!!. Nah kalau cara yang telah ditempuh telah benar, untuk mengecek apakah email kita sudah ter kirim atau belum, maka setelah menekan tombol send maka akan muncul kotak dialog seperti ini :
    Cara mengirim email di gmail
    tapi jika proses pengiriman gagal maka akan ada balasan yang dikirim oleh pihak gmail yang berisikan sebagai berikut:
    Cara mengirim email di gmail
  5. Setelah anda selesai mengirim email, cara selanjutnya jangan lupa Log Out jika ingin keluar dari email gmail anda.
    Untuk bisa Log Out, caranya cukup klik Sign Out, Lokasinya paling pojok atas.

    Cara mengirim Email di Gmail
CARA MEMBALAS EMAIL DI YAHOO
1. Buka akun email Anda di mail.yahoo.com atau yahoomail.com atau ymail.com dengan memasukkan username dan password.
2. Buka Kotak Inbox yang ada pada akun yahoomail Anda hingga ada daftar kotak masuk yang masuk ke akun email.
3. Buka salah satu email yang Anda ingin baca dan balas pesannya, hingga terbuka isi pesanya.
4. Setelah dibuka salah satu email masuk, Langkah penting klik REPLY (Balas) yang berada pada bagian bawah atau atas e-mail. Maka akan muncul halaman pesan asli si-pengirim dan ada bagian atas untuk menulis, tulislah pesan balasan disana sesuai kebutuhan.
langkah 1 membalas email
5. Setelah pesan selesai ditulis klik tombol SEND (kirim). Selesai.



Berikut ini istilah-istilah yang berhubungan dengan Email

  • Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
  • Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
  • Bounce (pentalan, mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
  • Bot yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
  • Mailbot yaitu software tertentu yang membalas email secara otomatis.
  • Listbot yaitu software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
  • Listserver sama dengan listbot.
  • Subscribe yaitu mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
  • Unsubscribe yaitu memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
  • Post yaitu mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
  • Flame yaitu pesan kasar atau tidak sopan.
  • Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.
  • Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru. 
 4. Menghapus Email
        Untuk menghapus Email yang sudah tidak lagi di perlukan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. sign in/ masuk ke daftar Email kita
b. setelah tampil daftar dari email yang masuk 
c. berilah tanda checklist pada kotak sebelah kiri
d. kemudian tekan.

B. Mailing list
Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.

Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).

Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.


C. Chatting
 
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, kita harus menginstall software untuk chatting, salah satu software yang paling banyak digunakan saat ini adalah mIRC yang ciptakan oleh Khaled Mardam-Bey. mIRC adalah program shareware IRC client yang diperuntukan untuk sistem operasi windows. IRC atau Internet Relay Chat adalah suatu sistem yang memungkinkan orang diseluruh dunia menggunakan media internet sebagai tempat untuk saling berkomunikasi dengan cara mengetikkan pesan dari keyboard komputer. Didalam IRC tersedia banyak channel (chat room) yang terdiri dari bermacam-macam topik pembicaraan. Tidak ada batasan berapa orang yang boleh memasuki suatu channel tertentu. Dan setiap orang juga bebas untuk keluar dari channel tertentu.

D. Etika penulisan Email 
  Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui e-mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara sendiri. Bisa dibayangkan. Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang.
Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya:


1. Jangan terlalu banyak mengutip.
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda.
Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.

2. Perlakukan e-mail secara pribadi.
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.

3. Jangan gunakan huruf kapital.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.

4. Jangan Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama “Forward”, yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.

5. Jangan gunakan CC.
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.

6. Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.

7. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini sangat menyebalkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar