Fasilitas-fasilitas pada Internet (Bab II)
Secara garis besar internet memiliki beberapa
fasilitas. Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna, guna memenuhi
kepentingannya. Di antara fasilitas tersebut adalah :
- World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) atau lebih dikenal dengan
web, merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Kita dapat
mengakses berbagai informasi melalui situs web yang berupa teks, gambar, suara,
film, maupun multimedia. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang
disebut browser (seperti; Internet Explorer, Opera,
Mozilla firefox, Netscape Communicator, dll).
- Mailing List
Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi
secara elektronik dengan menggunakan
e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat, dan lain
sebagainya dalam jarak jauh.
e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat, dan lain
sebagainya dalam jarak jauh.
Mailing list adalah sistem yang mengirim
pesan-pesan untuk kelompok orang, bisa berupa berita, artikel, catatan dan
sebagainya. Seiring dengan terbentuknya berbagai kelompok, maka terdapat ribuan
mailing list di seluruh dunia. Setiap mailing list memiliki seorang individu
yang menjadi penanggung jawab.
Apabila seseorang ingin berlangganan sebuah
mailing list, maka dia cukup menulis surat pada alamat mailing list tersebut.
Kemudian moderator mailing list
tersebut akan memutuskan apakah permohonannya akan diterima atau tidak Bagi mailing list yang tidak memiliki moderator, kondisinya akan lebih
terbuka. Anggota mailing list tersebut mengirim dan menerima pesan dari semua
individu.
Electronic Mail (E-Mail)
Fasilitas ini digunakan untuk berkirim
surat/berita dengan orang lain, tanpa mengenal batas, waktu, ruang bahkan birokrasi. E-Mail merupakan salah satu
contoh wahana pengakses informasi superhighway. E-Mail merupakan wahana
yang paling tua dan paling populer sebagai pengakses informasi.
contoh wahana pengakses informasi superhighway. E-Mail merupakan wahana
yang paling tua dan paling populer sebagai pengakses informasi.
E-Mail memungkinkan seorang individu
mengirimkan pesannya langsung ke individu lain dalam waktu yang cepat dari dan ke pengguna
internet di seluruh dunia. Tetapi tidak tertutup kemungkinan E-mail digunakan
untuk berkomunikasi pada orang banyak, misalnya dengan mengirimkan pesan pada
sebuah kelompok alamat dan kelompok alamat lain mengirimnya pada nomor-nomor
E-mail lain yang termasuk dalam mailing listnya.
Telnet
Merupakan fasilitas untuk mengakses remote
computer yang terletak di tempat lain. Dengan menggunakan fasilitas ini,
pemakai jarak jauh dapat mengendalikan, menukar file antar pengguna komputer,
dan menjalankan program yang ada di computer tersebut. Agar dapat mengakses
telnet, pengguna komputer harus registrasi terlebih dahulu.
File Transfer Protokol (FTP)
Fasilitas ini digunakan untuk melakukan
pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.
Beberapa di internet telah tersedia file atau dokumen yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis (free). . Proses mengirim file dari sebuah komputer ke komputer anda disebut dengan proses download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain disebut upload.
Beberapa di internet telah tersedia file atau dokumen yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis (free). . Proses mengirim file dari sebuah komputer ke komputer anda disebut dengan proses download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain disebut upload.
Gopher
Sistem dimana pemakai dapat mengakses
informasi di computer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa
menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak
ditinggalkan para pemakai internet saat ini.
Chatting
Merupakan suatu fasilitas untuk berkomunikasi,
dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai
lain.
Newsgroup
Fasilitas ini digunakan untuk berkonferensi
jarak jauh, sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam
internet.
Bulletin
Board System (BBS)
Buletin Board System (BBS) adalah tempat
menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topik yang sudah ditentukan.
Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia. Setiap BBS memiliki seorang administrator untuk memanfaatkan BBS
seorang individu bisa menghubunginya melalui telnet dan memilih dari sistem menu.
Usenet
Suatu sistem diskusi
kelompok pada jaringan internet, dimana artikel-artikel atau makalahnya
didistribusikan ke seluruh pemakai internet di seluruh dunia. Karena saking
banyaknya peminat usenet ini, maka di internet dibagi-bagi sesuai dengan bidang
permasalahan diskusinya.
Finger Service
Merupakan fasilitas
yang memberikan kesempatan kita untuk menanyakan informasi tentang seorang
pemakai.
Remote Login
Fasilitas ini
digunakan untuk menghubungi atau memasukkan salah satu server (pusat komputer)
yang disambungkan ke jaringan internet. Untuk dapat melakukan hal ini kita
harus tahu alamat servernya, punya username dan password, tetapi setiap server
biasanya memberikan kesempatan kepada semua orang login dengan menggunakan
account atau username Public agar dapat memasuki/login ke suatu server.
Anonymous FTP
Memberikan kesempatan
kita untuk mentransfer atau mengirim file dari satu komputer ke
komputer yang lain.
Archie Server
Merupakan katalog atau
tempat mencari alamat-alamat tempat untuk Anonymous FTP.
Talk Facility
Untuk menghubungi
pemakai lain dalam jaringan internet baik dalam sistem yang sama ataupun sistem
yang berbeda. Selanjutnya kita dapat menerima dan mengirim pesan kepada pemakai
yang kita hubungi.
Internet Relay Chat
(IRC)
Mirip dengan fasilitas
talk, tetapi melibatkan sekelompok orang, kita akan dapat ambil bagian dalam
komunikasi publik dengan sekelompok orang.
Veronica dan Junghead
Fasilitas yang dapat
menelusuri menu-menu gopher di seluruh dunia.
Wais Server (Wide Area
Information Service)
Menyediakan cara untuk
menemukan informasi yang tersebar dalam internet dengan cara menggunakan
fasilitas database dan pencarian dilakukan dengan menggunakan kata kunci. Untuk
melakukan proses pencarian ini kita harus menentukan dulu tempat atau alamat
kita akan melakukan pencarian informasi.
Whois
Adalah salah satu
aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari user yang ada pada seistem komputer
yang terhubung dengan jaringan internet.
Multiple User
Dimention (MUD)
Program komputer yang
menyediakan fasilitas untuk berinteraksi, berfantasi dan beraksi dengan
user-user lain dimana masing-masing memainkan perannya.
Search Engine
Mirip dengan WAIS
Server yaitu tempat untuk mencari informasi di internet menggunakan fasilitas
database yang pencariannya juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci, namun
kita tidak perlu menentukan tempat pencarian kita. Fasilitas ini berbasis WWW.
Online Game
Dapat menghubungkan
beberapa user yang berada di lokasi yang berbeda untuk menjalankan program game
secara bersamaan.
VOIP (Voice Over
Internet Protokol)
Merupakan fasilitas
yang mirip dengan fasilitas telepon namun menggunakan jalur internet sebagai
pengantar data (voice).A. Electronic Mail (E-mail)
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang
artinya surat elektronik. Secara harfiah, email dapat didefenisikan
sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui
sistem komunikasi elektronik berupa internet. Dari pengertian email
tersebut, jelas bahwa email mulai dari ditulis, dikirim, diterima,
sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat
elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet,
seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan ke perorangan dan
kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena didukung
jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan
cepat tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat.
Pengirim email ke seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak
dekat atau jauh semuanya sama.
Pengertian Email |
Agar email bisa bekerja dibutuhkan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui internet. Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA (Mail User Agent) atau yang dikenal dengan email client.
- Proses pengiriman email tersebut ditangani oleh MTA (Mail Transfer Agent) atau disebut pula dengan mail server.
Email juga membutuhkan alamat agar pesan bisa sampai ke tujuan. Contoh alamat email misalnya zakapedia@gmail.com.
Alamat email tersebut terdiri dari dua komponen yakni identitas dan
domain atau provider. Komponen identitas direpresentasikan oleh
zakapedia, sedangkan komponen domain atau provider direpresentasikan
oleh gmail.com. Keberadaan email memberikan terobosan baru dalam sistem
komunikasi memiliki keunggulan sekaligus kelemahan. Keunggulan dari email dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Proses cepat mulai dari penulisan atau pengetikan email sampai dengan pengiriman email hanya membutuhkan beberapa menit.
- Caranya mudah karena hanya cukup mengetikkan pesan yang ingin disampaikan dalam komputer.
- Email dapat dikirim secara massa ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirimkan file atau dokumen sebagai lampiran email.
- Email dapat dibuat dimana dan kapan saja selama ada koneksi dengan internet baik menggunakan komputer maupun ponsel.
- Ditinjau dari sisi biaya, email lebih ekonomis.
Sementara kelemahan dari email di antaranya adalah:
- Harus selalu online atau terhubung ke internet untuk membuat dan mengirimkan email.
- Harus selalu ingat username dan password account email.
- Berpotensi untuk penyebaran virus dan spyware.
Untuk bisa mengirimkan dan menerima email, Anda harus memiliki sebuah
account email terlebih dahulu. Account email ini nantinya sekaligus
mencakup alamat emal yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pesan
kepada orang lain secara elektronis. Sebelum Anda membuat account email,
perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak provider yang menyediakan
layanan email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail (Windows Live), dan lain sebagainya.
C. Pengelolaan Email
1. Cara Membuat E-mail
Begitu juga dengan alamat email, sejalan dengan semakin gemuruhnya perkembangan internet, email pun juga bergeser menjadi kebutuhan primer yang (harus) dimiliki setiap orang. Ada dua pilihan dalam membuat email, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis, dan pada umumnya kebanyakan orang menggunakan yang gratis karena menghemat biaya, mudah digunakan, dan banyak fungsi-fungi (fitur) tambahan yang dimilki oleh email gratisan. Contoh penyedia layanan email yang gratis adalah yahoo mail, gmail, hot mail, ovi mail dll. Disini kita akan membahas cara membuat email pada yahoo mail.
Cara membuat email pada yahoo mail sungguh sangat mudah dan cepat, sekalipun kamu baru tahu apa itu email (karena saking mudahnya). Berikut langkah-langkah cara membuat email dengan benar, perhatikan dengan seksama.
1. Daftar
Pertama-tama kita menuju yahoo.com, setelah itu klik 'Buat Account' (perhatikan gambar di bawah).
2. lengkapi Data Diri
Isi dan lengkapi data diri (nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan negara asal), lalu buat password yang rumit (kombinasi huruf, angka dan simbol kalau bisa) dan mudah diingat. Setelah itu alternative email (garis kotak biru) itu boleh diisi boleh juga tidak.
Selanjutnya buatlah secret question (pertanyaan rahasia/kemanan) dan sekaligus juga jawabannya, hal ini berfungsi apabila kamu lupa password email kamu ini, maka pertanyaan ini akan membantu mengidentifikasikan bahwa kamu memang pemilik alamat email ini dan kamu pun tetap bisa masuk ke dalam akun alamat email yang kamu buat.
Kemudian tulis code sesuai gambar (lihat garis kotak hijau muda di bawah), jangan lupa perhatikan huruf besar dan huruf kecil.
SARAN: Lebih baik catat password dan juga jawaban dari secret question ke dalam kertas lalu simpan baik-baik untuk jaga-jaga kalau kita lupa di kemudian hari (ingat! lupa itu sifat dasar dari manusia lho...)
Terakhir, cek sekali lagi data diri kita dan juga code pada gambar (garis kotak hijau muda). Apabila dirasa sudah lengkap dan benar klik 'Create My Account'.
Menurut pengalaman kesalahan biasanya terjadi pada penulisan code, jika salah maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah. Dan kita akan diminta kembali menuliskan code dengan benar.
Namun apabila semua sudah benar, maka kita akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini. Halaman ini menunjukkan bahwa kita sudah berhasil membuat account email baru. Selanjutnya tinggal klik 'Continue/lanjutkan'.
3. Selamat! kamu sudah memiliki account email baru
untuk mengecek atau membuka email, kita harus terlebih dahulu melakukan login yang berisi nama pengguna (pemilik email) dan juga kata sandi (password), dengan langkah sebagai berikut:
a. Masuk dihalaman situs internet misalkan http://mail.yahoo.com
b.Maka akan keluar menu seperti di bawah ini :
c. ketik Yahoo ID dan juga passwordnya.
3. Mengirim dan Membalas Email
- Ketikkan alamat www.yahoo.com
pada address bar browser anda, klo di artikel ini saya menggunakan
browser mozilla firefox, lihat gambar berikut :
- Klik Sign In, lihat gambar berikut :
- Masukkan alamat email anda misal namaemailanda@yahoo.com atau namaemailanda@yahoo.co.id pada kotak isian Yahoo Id dan masukkan Kata sandi (password) pada kotak isian Sandi atau Password.
- Lalu klik Tombol Masuk atau Login
- Setelah anda menekan tombol Masuk atau Login, maka akan muncul
sapaan hangat dari yahoo
Lalu klik Mail terletak pada kolomsebelah kiri - Maka akan terbuka kotak email anda seperti berikut :
Untuk melihat Email yang masuk klik tombol Email masuk, tapi karena kita sekarang ingin menulis atau mengirim email maka klik tombol Tulis / Write Lalu pilih Email, maka akan muncul kolom isian untuk mengirim email seperti di bawah ini :
Pada kolom Kepada, isi dengan alamat email tujuan
Pada kolom Cc kosongkan saa
Pada kolom Judul, Isi dengan Judul atau Topik Email yang akan dikirim
Ketikkan isi email yang ingin anda kirim di kotak isian. - Lalu Klik Kirim atau Send
- Jika pengiriman email sukses, maka akan tampil pemberitahuan sebagai
berikut
- Setelah anda beres mengirim email, jangan lupa klik signout
jika anda ingin keluar atau meninggalkan email anda. hal ini harus
dibiasakan dan jangan sampe lupa, karena jika anda membuka email di
warnet dan lupa klik signout maka khawatir email anda
dibajak oleh orang yang jail.
Letak tombol signout berada di pojok kanan atas.
Cara Mengirim Email di Gmail
- Ketikkan alamat www.Gmail.com pada address bar browser anda, lihat gambar di atas pada langkah ke-1 dimana yahoo diganti dengan gmail
- Maka akan muncul tampilan berikut :
- Pada Kotak Nama Pengguna, Masukkan nama email anda misal : emailanda@gmail.com
- Kotak Sandi diisi dengan kata sandi yang telah dibuat oleh anda ketika mendaftarkan email
- Lalu klik tombol Masuk atau Sign In
- Maka akan muncul kotak dialog email di gmail seperti berikut :
Lalu pilih tombol Compose mail, maka akan muncul kotak dialog email di gmail sebagai berikut- Pada kotak isian To, isi dengan alamat email tujuan yang akan di kirim oleh kita
- Subject : isi dengan judul email yang akan dikirim oleh kita
- Silahkan Tulis isi email di kotak yang tersedia lihat gambar di atas yaitu pada poin 3
- Cara terakhir adalah tinggal klik tombol Send, boleh tombol send yang di bawah maupun yang di atas.
- Itulah cara mengirim email di gmail, mudah kan !!!. Nah kalau cara
yang telah ditempuh telah benar, untuk mengecek apakah email
kita sudah ter kirim atau belum, maka setelah menekan tombol send
maka akan muncul kotak dialog seperti ini :
tapi jika proses pengiriman gagal maka akan ada balasan yang dikirim oleh pihak gmail yang berisikan sebagai berikut: - Setelah anda selesai mengirim email, cara selanjutnya jangan lupa Log
Out jika ingin keluar dari email gmail anda.
Untuk bisa Log Out, caranya cukup klik Sign Out, Lokasinya paling pojok atas.
CARA MEMBALAS EMAIL DI YAHOO
1. Buka akun email Anda di mail.yahoo.com atau yahoomail.com
atau ymail.com dengan memasukkan username
dan password.2. Buka Kotak Inbox yang ada pada akun yahoomail Anda hingga ada daftar kotak masuk yang masuk ke akun email.
3. Buka salah satu email yang Anda ingin baca dan balas pesannya, hingga terbuka isi pesanya.
4. Setelah dibuka salah satu email masuk, Langkah penting klik REPLY (Balas) yang berada pada bagian bawah atau atas e-mail. Maka akan muncul halaman pesan asli si-pengirim dan ada bagian atas untuk menulis, tulislah pesan balasan disana sesuai kebutuhan.
5. Setelah pesan selesai ditulis klik tombol SEND (kirim). Selesai.
Berikut ini istilah-istilah yang berhubungan dengan Email
- Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
- Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
- Bounce (pentalan, mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
- Bot yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
- Mailbot yaitu software tertentu yang membalas email secara otomatis.
- Listbot yaitu software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
- Listserver sama dengan listbot.
- Subscribe yaitu mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
- Unsubscribe yaitu memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
- Post yaitu mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
- Flame yaitu pesan kasar atau tidak sopan.
- Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.
- Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru.
Untuk menghapus Email yang sudah tidak lagi di perlukan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. sign in/ masuk ke daftar Email kita
b. setelah tampil daftar dari email yang masuk
c. berilah tanda checklist pada kotak sebelah kiri
d. kemudian tekan.
B. Mailing list
Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
C. Chatting
Chatting adalah suatu feature / program
dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang
online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa
teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau
suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas
pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
D. Etika penulisan Email
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui e-mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara sendiri. Bisa dibayangkan. Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang.
Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya:
1. Jangan terlalu banyak mengutip.
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda.
Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
2. Perlakukan e-mail secara pribadi.
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
3. Jangan gunakan huruf kapital.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.
4. Jangan Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama “Forward”, yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
5. Jangan gunakan CC.
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
6. Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
7. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini sangat menyebalkan.