Powered By Blogger

Kamis, 19 Februari 2015

Mengakses Internet Sesuai Prosedur

AKSES INTERNET SESUAI DENGAN PROSEDUR




Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Dalam menghubungkan antar komputer, ada prosedur-prosedur yang harus kita lakukan.


Prosedur-prosedur atau langkah-langkah yang harus kita lakukan sebelum mengakses internet adalah sebagai berikut :

1. Menginstall Modem

Modem terdiri dari dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang terdapat didalam CPU, tepatnya pada mainboard. Sedangkan modem eksternal adalah modem yang terdapat di luar CPU, modem ini terpisah dengan mainboard.

Modem itu sendiri mempunyai kepanjanganMOdulator DEModulator, yang artinya mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.


2. Mempersiapkan Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak yang kita siapkan untuk mendukung aplikasi internet bermacam-macam, tergantung aplikasi apa yang akan kita butuhkan. Perangkat lunak yang paling penting adalah browser. Kamu masih ingatkan apa yang dimaksud dengan browser, jika kamu lupa, coba dibaca lagi buku semester satu. Ketika kita menginstall windows, browser ini secara otomatis telah terinstall. Apabila kita ingin aplikasi yang lain kita dapat menginstallnya. Misalnya untuk chating, kita perlu menginstall mIRC, dan lain sebagainya. Juga, apabila kita butuh browser yang lain selain internet explorer, kita dapat menginstallnya.


3. Koneksi ke ISP

Apabila kita telah menentukan ISP yang akan kita gunakan untuk megakses internet, langkah selanjutnya adalah menghubungkan komputer kita ke ISP tersebut. Misalnya kita akan memilih layanan ISP dari telkom.


Langkah-langkah koneksi melalui ISP

1. hubungkan modem dengan jaringan telepon

2. hubungkan modem ke komputer

3. hidupkan komputer

4. aktifkan modem

5. buka control panel

6. buka network conection

7. click kanan, click enable

Keunggulan Internet

Konektivitas dan Jangkauan Glogal
Dalam Internet, jaringan yang terjalin bersifat blobal tanpa mengenal ruang, waktu, dan birokrasi, dimana akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler.
Misalnya Anda membutuhkan referensi dan sumber informasi untuk kebutuhan riset, maka akan dijumpai berbagai sumber dan informasi dalam  Internet secara global tanpa harus mendatangi sumber dan informasi tersebut. Disamping itu, apabila Anda pelaku bisnis dan akan menginformasikan produk Anda, maka Internetlah sebagai salah satu bentuk promosi kepada pengguna di seluruh dunia. Lebih jelasnya, hampir seluruh kebutuhan informasi tersedia di Internet dengan jangkauan global tanpa batas-batas negara.
Akses 24-jam
Akses di Internet tidak dibatasi dengan waktu, karena dimanapun dan kapanpun dunia maya (akses Internet) tidak pernah terlelap tidur. Perbedaan zona waktu dan ruang tidak dikenal dalam menjelajah Internet. Misalnya Anda sedang mengakses Internet di Indonesia, maka di belahan dunia lain (misalnya Amerika) sedang giat-giatnya bekerja, demikian juga sebaliknya.
Kecepatan Internet
Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di Internet menjadi salah satu pertimbangan pengguna dalam menggunakan Internet. Pencarian informasi menggunakan Internet jauh lebih cepat dibandingkan dengan pencarian secara manual. Anda cukup klik pada salah satu icon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah Anda dapatkan.
Interaktivitas dan Fleksibilitas
Dalam dunia Internet, komunikasi dengan pengguna di belahan dunia dapat Anda lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang Anda lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas Chatting. Disamping itu, Anda dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat ikomunikasikan dengan pengguna lain.

Kelemahan Internet

Ancaman Virus
Salah satu masalah dalam dunia Internet adalah ancaman virus yang selalu berkembang seiring perkembangan dunia komputer maupun perkembangan Internet itu sendiri. Berbagai macam virus telah berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar melalui jaringan global Internet, baik lewat E-mail maupun file-file yang di download.
Ketergantungan pada Jaringan
Fasilitas jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP (Internet Service Provider) menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian Internet. Apabila Anda mengakses Internet Dial-up, maka kenaikan tarif pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses Internet.
Selain itu saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap waktu akses Internet dan biaya akan lebih mahal. Disamping itu terbatasnya Bandwidth sistem transimi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses Internet dalam waktu yang bersamaan akan mempengaruhi akses Internet.
Selain itu, masih banyak lagi keunggulan maupun kekurangan dari Internet.
 Perangkat lunak (software) untuk mengakses internet dibagi menjadi dua, yaitu softwrae sistem operasi dan software aplikasi. A. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi merupakan software yang pertama kali yang diterapkan (diinstal) oleh operator (brainware) kedalam perangkat keras (hardware) komputer. Sistem operasi ini berfungsi sebagai jembatan untuk software-software yang lain yang bukan sistem operasi. Oleh sebab itu sistem operasi adalah software atau perangkat lunak yang menjadi dasar operasi sebuah sistem komputer. Sistem operasi merupakan bagian yang paling penting sebelum melakukan koneksi internet, karena tanpa sistem operasi komputer tidak ada artinya sama sekali. Diantara Sistem Operasi (OS) yang dapat digunakan untuk akses internet adalah:
  1. Microsoft Windows versi (95, 97, 98, 2000, ME, Vista, Seven, Eight).
  2. Linux versi (OpenSuSE, Mandriva, IGOS).
  3. Macintosh (Mac OS 8, Mac OS 9, Mac OS X).
  4. Android (Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gringerbread, Honeycomb, Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat).
B. Software Aplikasi
Software aplikasi adalah program aplikasi yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Dalam hal ini untuk mengakses internet software yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Aplikasi Web Browser
Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW)
Software Web Browser
. internet explorer (IE)
       . Netscape comunicator
       . mozilla
       . opera
       . safari, dll


Agar anda dapat menjelajahi internet, komputer anda harus memiliki software atauperangkat lunak berupa web browser. Beberapa web browser yang sering digunakan diantaranya :

1. Internet Explorer
2. Netscape Navigator
3. Mozilla
4. Opera dll

Khusus web browser Internet Eksplorer, biasanya sudah tersedia pada sistem operasi window, sedangkan yang lainnya perlu di instalkan ke kompuer anda terlebih dulu.
 Pada kesempatan ini kita akan mengaktifkan salah satu web browser, dalam hal ini anda diajak untuk mencoba mengaktifkan web brouser internet explorer. Sedang untuk web brouser lainnya dapat anda lakukan sendiri karena menggunakan pola yang sama.

Terdapat beberapa cara mengaktifkan web brouser ( pilih salah satu) yaitu:
·                     Dobel clik shortcart internet explorer atau
·                     Clik ” Start ” dan pilih icon ” Internet Explorer ” atau
·                     Clik ” Start ” dan pilih ” All program” dan lanjutkan dengan memilih ” Internet Explorer ”

Apabila tidak ada gangguan pada jaringan internet anda, maka beberapa saat setelah internet explorer diaktifkan akan muncul jendela microsoft internet explorer sebagai berikut:



Add caption

Namun jika komputer anda tidak terhubung dengan jaringan internet atau terdapat ganguan jaringan internet, maka akan ditampilkan sbb;
Add caption


Informasi ”The page cannot be displayed” menyatakan bahwa halaman ini tidak dapat anda fungsikan untuk mengakses internet, namun jendela Microsof Internet Explorer ini tetap dapat anda gunakan untuk mendapatkan informasi melalui file-file yang ada pada komputer anda, baik berupa gambar maupun dokumen artikel lainya.

Seperti kebanyakan program aplikasi Windows, area kerja Internet Explorer juga memiliki hampir semua komponen “window” , hanya tentunya ada perbedaan menu dan toolbarnya
Keterangan gambar :
1.            Title Window, adalah baris judul alamat internet yang terbuka dan selalu diikuti nama program Internet Explorer.
2.            Menu, adalah baris yang berisi perintah-perintah untuk pengoperasian Internet Explorer.
3.            Standard Buttons, adalah baris yang berisi tombol-tombol standar pengoperasian Internet
4.            ExpAddress Bar, adalah baris untuk tempat mengisi teks alamat internet yang ingin dikunjungi. Di ujung kanannya terdapat tombol Go, untuk mulai memproses permintaan alamat internet.
5.            Links, adalah baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetik alamatnya, yang dapat ditambah atau dikurangi.
6.            Workspace, adalah area kerja atau isi dari alamat internet yang tampil atau sedang diproses berdasarkan permintaan.
7.            Status Bar, adalah baris informasi status link alamat internet yang tampil atau terbuka dalam Workspace





Kegunaan dari menu menu yang tersedia pada mocrosoft internet explorer adalah sbb:

1.            Menu File: Digunakan untuk mengoperasikan hal hal yang sifatnya fatal dan menyangkut semua hasil kerja pada lembar atau jendela internet. Dalam menu ini terdapat 13 sub menu
2.            Menu Edit: Secara umum digunakan untuk mengadakan perubahan halaman website, baik yang link atau tidak pada halam editor. Menu edit memiliki 5 sub menu
3.            Menu View : Berguna untuk menampilkan atau mengadakan perubahan tampilan pada monitor. Dalam menu ini terdapat 11 sub menu
4.            Menu Favorit: Adalah untuk menampilkan jendela favorit yaitu mengelompokkan situs- situs tertentu sehingga sangat membantu jika akan mengakses lebih cepat. Dalam menu ini terdapat 6 sub menu
5.            Menu Tools: Merupakan menu yang secara umum digunakan untuk mengakses outlook Expres. Menu ini memiliki 6 sub menu
6.            Menu Help : Secara Umum digunakan untuk meminta bantuan tutorial untuk memecahkan masalah operasional dalam Internet Explorer. Dalam menu ini terdapat 6 sub menu



Kegunaan Tombol Standard Buttons
1.            Back ; Mundur ke halaman sebelumnya yang pernah di akses
2.            Foward ; Maju ke halaman berikutnya yang pernah di akses atau sebelum mundur
3.            Stop ; Menghentikan proses loading
4.            Refresh ; Memperbaiki/ memperbaharui loading
5.            Home ; Kembali ke halaman yang di devinisikan oleh internet explorer
6.            Search ; Menampilkan modus/ perintah pencarian
7.            Favorites ; Menampilkan jendela favorit yang akan digunakan untuk mengorganisasi situs-situs yang sering digunakan
8.            Histori ; Melihat perkembangan / alur penjelajahan yang dilakukan
9.            Mail ; Menampilkan jendela berkaitan dengan e-mail
10.          Print ; Mencetak halaman website ke dalam printer
11.          Edit ; Mengubah halaman wabsite
12.          Discuss ; Menampilkan/ menyembunyikan indikator topik pada website
13.          Research ; Mengadakan research/ pencarian terhadap suatu topik
14.          Media ; Menampilkan jendela windows media player, radio, vidio

MEMAHAMI ALAMAT INTERNET DAN HYPERLINK

1.Alamat Internet
          Alamat internet atau alamat sebuah web disebut juga URL ( Uniform Resource Locator ). Alamat internet ini biasanya terdiri atas 4 bagian, yaitu:
- Nama protocol ( protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi ).
- Lokasi dari situs, contohnya www ( Word Wide Web ).
- Nama organisasi yang mengatur situs.
- Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. ( Contohnya .com untuk sebuah organisai komersial )
Misalkan diketahui alamat intetrnet http://www.ditpsmk.net/
artinya:
http : Web server ini menggunakan Hypertext Transper Protocol.
www : Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web.
ditpsmk : Web server ini berada dalam ditpsmk yang mengatur situsnya.
net : Ini menunjukan institusi tersebut bergerak dalam jaringan ( network ).

            Ketika alamat internet seperti http://www.ditpsmk.net/ di ketik ke dalam address bar dan mengklik Go atau menekan Enter, maka isi infomasi institusi itu akan muncul dalam workspace pada web browser. Informasi yang muncul itulah yang sering disebut situs web ( Website ).


2. Hyperlink
             Didalam sebuah situs web, terlihat beberapa teks yang memiliki warna berbeda, bergaris bawah atau berada didalam kotak ( tombol ). Teks-teks inilah yang di sebut hyperlink atau link. jika bagian ini diklik, pengguna akan di bawa ke halaman web lainnya. kamu dapat mengetahui bahwa teks tersebut aktif ( link ) jika pointer mouse melewati teks tersebut, pointer itu  berubah menjadi pointing finger.
 Domain adalah Adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain dot com (.com) adalah yang paling populer. Namun selain dot com ada nama-nama domain yang lain seperti dot net(.net), dot org(.org), dll. Domain dot com, dot net dan dot org adalah beberapa dari nama-nama domain universal yang dipakai secara umum di seluruh dunia. Selain domain-domain universal tersebut, ada nama domain yang khusus untuk sebuah negara, contoh : dot id (indonesia), dot jp (jepang, dot us (usa), dll. Domain-domain tersebut diatas dinamakan dengan domain utama. Selain domain utama ada juga yang disebut dengan sub-domain, yaitu nama tambahan didepan domain utama, contoh : .co.id, .co.cc, .wordpress.com
Nama nama top level domain dunia :

  1. com
    adalah domain yang paling poluler. Nama domain com diambil dari kata commercial. Domain ini untuk keperluan nama komersial secara umum. website dot com pertama adalah symbolics.com yang didaftarkan pada tanggal 15 maret 1985.
  2. net
    adalah domain yang dipakai untuk sebuah organisasi yang berbasis teknologi jaringan seperti ISP. Nama domain net diambil dari kata network. Domain dot net dibuat pertama kali pada januari 1985.
  3. org
    adalah nama domain yang dipakai untuk identitas sebuah organisasi. Nama domain org diambil dari kata organization. Website dot org yang pertama adalah mitre.org yang didaftarkan pada juli 1985
  4. biz
    adalah domain khusus untuk keperluan bisnis. nama domain biz diambil dari ejaan kata bussiness. Domain biz dibuat pada tahun 2001. Domain dot biz dibuat sebagai alternatif pengganti jika nama dot com yang diinginkan sudah didaftarkan orang lain. Tidak ada persyaratan khusus dalam menggunakan nama domain ini kecuali sebuah bisnis yang bonafide dan untuk keperluan yang benar-benar komersial.
  5. info
    adalah domain khusus untuk keperluan informasi yang luas. Nama domain info diambil dari kata informative. Untuk memakai domain info diperlukan akreditasi khusus.
  6. tv
    adalah domain khusus untuk tujuan siaran televisi. Nama domain tv diambil dari kata television.
  7. asia
    adalah domain khusus untuk area asia, australia dan asia pasifik. Nama asia diambil dari kata benua asia. Nama domain ini disetujui pada 19oktober 2006.
Nama nama sub domain di indonesia :

  1. co.id
    adalah domain khusus untuk perusahaan komersial yang berbadan hukum. Untuk mendaftar domain .co.id harus memiliki SIUP/Akta Notaris, Merk/Paten, dan bukti jati diri (KTP/SIM)
  2. go.id
    adalah domain yang hanya diperuntukkan khusus bagi instansi/lembaga penyelenggara negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif) dan lembaga independen yang di bentuk oleh pemerintah.
  3. ac.id
    adalah domain khusus bagi lembaga pendidikan tinggi/univertitas diindonesia. Yang bisa menggunakan domain ini adalah lembaga pendidikan yang sekurang-kurangnya menyelenggarakan pendidikan minimal diploma-1.
  4. sch.id
    adalah domain khusus untuk lembaga pendidikan dasar dan menengah, seperti SD, SMP, SMU, SMK dan yang sederajat. Untuk mendaftar harus ada surat keterangan dari dinas pendidikan dan permohonan resmi dari kepala sekolah.
  5. or.id
    adalah domain untuk organisasi/ yayasan/perkumpulan non pemerintah. Syarat pendaftaran harus punya akta notaris.
  6. net.id
    adalah domain untuk industri / badan usaha yang bergerak dibidang telekomunikasi dan jaringan. Syarat memiliki domain ini harus ada Ijin usaha Telekomunikasi.
  7. web.id
    adalah domain untuk organisasi/pribadi yang tidak termasuk co.id, go.id, ac.id, sch.id, web.id, dan or.id  

    Mencari Web Dengan Menggunakan Search Engine

    Karena begitu banyaknya web dan situs pada masa sekarang ini maka kita membutuhkan suatu alat untuk melakukan pencarian situs atau web tersebut. Alat ini dikenal dengan istilah search engine berikut kita akan berkenalan dengan beberapa search engine yang sangat terkenal.

    Dalam penggunaan mesin pencari (Search Engine) yang perlu diperhatikan adalah ketika hendak memasukan kata yang akan dicari harus pada posisi text box yang disediakan oleh mesin pencari.

    Perlu diingat ketika anda akan melakukan pencarian anda minimal mengenal satu suku kata dari web yang akan anda cari hal ini akan mempermudah pencarian dan mempercepat pencarian dan meminimalisasi pencarian web-web yang tidak diharapkan.

    Menggunakan Search Engine AltaVista
    Berikut adalah perkenalan pertama kita dengan search engine AltaVista. Mari kita masuk kehalaman mesin pencari kita dengan mengetikan http://www.AltaVista.com pada Address Bar yang disediakan oleh Web Browser setelah itu tekan enter atau klik tombol go maka akan muncul  seperti gambar dibawah ini:

     
    Misalnya anda akan mencari detik maka ketik kata tersebut pada text box dan tekan tombol (bottom)  S e a r c h

    Setelah itu maka akan muncul beberapa pilihan alamat web yang anda tuju dan juga alamat-alamat web yang mirip dengan apa yang anda ketikan pada textbox.

    Web Search Melalui Lycos

    Web Search Melalui Go/Infoseek

    Web Search Melalui Excite

    Web Search Melalui Hotbot
     

4 komentar:

  1. AKSES INTERNET SESUAI DENGAN PROSEDUR.

    Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya.
    •Prosedur-prosedur atau langkah-langkah yang harus kita lakukan sebelum mengakses internet adalah sebagai berikut :
    1.Menginstall Modem
    2.Mempersiapkan Perangkat Lunak (Software)
    3.Koneksi ke ISP
    •Langkah-langkah koneksi melalui ISP

    1. hubungkan modem dengan jaringan telepon
    2. hubungkan modem ke komputer
    3. hidupkan komputer
    4. aktifkan modem
    5. buka control panel
    6. buka network conection
    7. click kanan, click enable

    B. Software Aplikasi
    Software aplikasi adalah program aplikasi yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Dalam hal ini untuk mengakses internet software yang digunakan adalah sebagai berikut : 1. Aplikasi Web Browser

    Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.

    Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW)
    Software Web Browser
    . internet explorer (IE)
           . Netscape comunicator
           . mozilla
           . opera
           . safari, dll
    Beberapa web browser yang sering digunakan diantaranya :
    1. Internet Explorer
    2. Netscape Navigator
    3. Mozilla
    4. Opera dll

    MEMAHAMI ALAMAT INTERNET DAN HYPERLINK
    1.Alamat Internet
              Alamat internet atau alamat sebuah web disebut juga URL ( Uniform Resource Locator ). Alamat internet ini biasanya terdiri atas 4 bagian, yaitu:
    - Nama protocol 
    -Lokasi dari situs,
    -Nama organisasi
    -Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi.

    2. Hyperlink
                 Didalam sebuah situs web, terlihat beberapa teks yang memiliki warna berbeda, bergaris bawah atau berada didalam kotak ( tombol ). 

    BalasHapus
  2. -perangkat (laptop, gadget, dst)
    -modem untuk akses ke internet
    -telepon rumah yang terintegrasi konektifitas internet
    -wifi
    -browser

    BalasHapus
  3. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Dalam menghubungkan antar komputer, ada prosedur-prosedur yang harus kita lakukan.
    1. Menginstall Modem

    Modem terdiri dari dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang terdapat didalam CPU, tepatnya pada mainboard. Sedangkan modem eksternal adalah modem yang terdapat di luar CPU, modem ini terpisah dengan mainboard.

    2. Mempersiapkan Perangkat Lunak (Software)

    3. Koneksi ke

    BalasHapus